Tuesday, August 15, 2017

SEJARAH SI MONSTER (DUCATI MONSTER)



Dalam catatan sejarah, musim gugur tahun 1992 pada acara “Cologne Motor Show” hadirlah sesosok prototype misterius sebuah motor dengan label pabrikan Ducati yang bermarkas di Bologna Italia.

 Ducati Monster M900 – prototype series


Tidak seperti umumnya motor keluaran Ducati yang dominan Motorsport atau Superbike, inilah sebuah prototype Muscle Bike dengan nama “Ducati Monster 900 prototype series. Muscle Bike adalah istilah yang digunakan untuk menyebut spesies motor dengan titik berat utama desain adalah pada “engine power”. 5 Maret 1993 Ducati memproduksi Ducati 900 prototype series sebanyak 20 unit.
Ducati Monster atau yang di Italia disebut juga Il Mostro pertama kali di desain oleh Miguel Angel Galuzzi. Muscle Bike ini berjenis Naked Bike (jenis motor dengan karakter menonjolkan mesin dan rangka / tanpa fairing).
Kekuatan khas lain dari Ducati Monster adalah penggunaan “trellis frame” yaitu sistem rangka yang menyatukan pergerakan kemudi diselaraskan dengan pergerakan swing arm / lengan ayun melalui perantara rangka penguat pipa baja.
Galuzzi merancang cikal bakal Ducati Monster jauh sebelum tahun 1992, tetapi dia membutuhkan waktu lama untuk meyakinkan pihak Ducati dan Cagiva untuk menerima dan memproduksi idenya. Pada akhirnya Ducati lah yang menerima proposalnya dengan catatan dari Technical Director nya yaitu Massimo Bordi bahwa dia minta di desainkan motor yang membawa nama besar Ducati tetapi mudah dikendarai, dan bukan Motorsport. Sejak awal sebelum produksi sasaran utama Massimo Bordi dan Ducati adalah menyasar pasar “cruiser” sebagai pengganti Ducati Indianna yang diproduksi dari tahun 1986 s/d 1990 (produk Ducati setelah dibeli oleh Cagiva pada tahun 1985 dengan tetap mempertahankan brand Ducati karena nama Ducati dianggap lebih menjual diluar Italia). Selama 4 tahun, Ducati Indianna hanya diproduksi sebanyak 2,138 unit.

 Ducati Indianna



Dari kegagalan Ducati Indianna inilah, Bordi menginginkan Galuzzi mendesain Ducati Monster dengan prinsip “low cost”. Itulah sebabnya, juga dengan tujuan ketersediaan cuku cadang di after-market nya, maka Ducati Monster di desain dengan prinsip “mix and match” dari model – model motor Ducati yang sudah eksis sebelumnya. Dimulai dengan mesin (90 derajat V-twin Ducati menyebutnya L-twin) dan rangka depan yang diambil dari Ducati 900 Supersport, rangka belakang dari Ducati 851 Superbike dan suspensi dari Ducati 750 Supersport – keseluruhan rangka “tubular steel trellis frame”. Galuzzi menambahkan tanki bahan bakar “berotot” dan beberapa tambahan minimalis di bodi yang memunculkan kesan kekar dan kuat. Dan lahirlah sebuah motor cruiser berotot yang berkesan bodi kecil, berotot, dan mudah dikendarai. 
Kesederhanaan dan kepraktisan desain Ducati Monster secara luar biasa menjadi panutan pabrik – pabrik motor lain dalam mendesain motor. Selain itu, desain Ducati Monster juga mendominasi untuk dijadikan acuan semua ajang kompetisi Motor Custom di seluruh dunia.




Era 1990 an

Masa – masa awal ini, Ducati Monster mengenalkan 3 Monster generasi pertamanya, yaitu;
·         M900   : 1993.
·         M600   : 1994.
·         M750   : 1996.
Angka dibelakang “M” menandakan kapasitas cc mesin.

 Ducati Monster M600



 Ducati Monster M750


Tahun 1999 untuk menghabiskan sisa stok parts, Ducati Monster mengeluarkan Monster Limited Edition dengan aksesoris yang berbeda dengan 3 Monster sebelumnya, dikenal dengan nama “The Monster City” yang berwarna biru unik, tambahan Leather Briefcase Saddle Bag, dan stang yang lebih tinggi.

 Ducati Monster City 900 – limited edition


Sejak tahun 1994, Ducati memproduksi Ducati Monster seri M400 dengan mesin “kecil” yang “hanya” menghasilkan 42 hp (horse power) dan putaran mesin maksimal 10,500 rpm. Monster “kecil” ini terutama ditujukan untuk pasar negara – negara yang mengenakan pajak tinggi untuk motor bermesin besar. Pasar terbesar M400 adalah Italia, Jepang, Singapura, Indonesia, Filipina, Taiwan, dan Thailand. M400 berbasis pada M600 dengan basic engine component yang sama, tetapi stroke crankshaft yang lebih pendek dan diameter piston yang lebih kecil.



Era Tahun 2000 an

Desain Monster relatif tidak berubah sampai dengan tahun 2000 ketika Ducati memasukkan tehnologi injection ke M900.
Tetapi perubahan besar adalah tahun 2001 saat Ducati mengeluarkan seri S4. Perubahan seri S4 adalah pada penggunaan mesin superbike liquid cooled four valve, rem depan semi floating Brembo dengan 4 piston, velg yang lebih ringan dari Brembo, dan garpu depan Showa.
Tahun 2002 Ducati mengeluarkan limited edition seri S4 Foggy (dinamakan sesuai nama rider juara dunia superbike 4 X dari tim Ducati: Carl Fogarty).

Monster S4 Foggy


Tahun 2003 Ducati mengeluarkan seri S4R dengan mesin 996 cc, muffler kembar di sisi kanan, single sided swing arm (lengan ayun), dan peningkatan tenaga dan torsi menjadi lebih dari 113 hp (horse power).

 Ducati Monster S4R


November 2005, Ducati mengeluarkan seri Monster S4RS Testastretta. Generasi baru ini menggunakan mesin 999 cc dari motor superbike Ducati dengan suspensi dari Ohlin untuk depan dan belakang. Juga di tahun 2005 Ducati menambahkan ke dalam keluarga Monster, seri Monster S2R Desmodue (two-valved Desmodromic engine), masih menggunakan basic konsep four-valved yang sama dengan S4R tetapi dengan mesin yang lebih simple two-valved 800 cc dan 1000 cc dengan nama resmi Monster S2R 800 dan S2R 1000.



Monster S2R1000




Tahun 2006, Ducati merelease Monster M620.

 Monster M620

Tahun 2007, masih dengan tidak banyak perubahan yang terjadi kecuali pada kapasitas cc mesin, Ducati mengeluarkan Monster M 695.

 Monster M695


Tahun 2007 bulan November, Ducati mengumumkan produksi Monster 696 yang secara resmi diluncurkan pada April 2008 di Barcelona. Monster M696 dengan konfigurasi mesin V-twin nya mempunyai output power tertinggi dari semua mesin air cooled Ducati.
Tahun 2009, Ducati berhasil menjual 12,000 unit M696 dan merupakan keberhasilan pertama kalinya penjualan lebih dari 10,000 unit dalam 1 tahun.

 Monster M696


September 2008, tahun yang sama dengan kelahiran M696, Ducati mengeluarkan Monster M1100. M1100 berbasis kepada M696 dengan kapasitas mesin terbesar dalam keluarga Monster yaitu 1078 cc, single sided swing arm (lengan ayun), rem radial calipers, garpu depan lebih besar, dan suspensi yang lebih tinggi. Penggunaan aluminium disc brake carrier mengurangi bobot M1100 sebesar 1 kg.

Monster M1100



Era Tahun 2010 an
April 2010, Ducati mengeluarkan Monster M796 yang mereka klaim mampu mengeluarkan 87 hp (horse power).

 Ducati Monster M796



November 2010, Ducati mengumumkan kehadiran Monster M110 Evo yang menggantikan seri M1100 dan M1100s. Exhaust dipindah ke samping dan tidak lagi dibawah jok, dry clutch diganti wet clutch, dan juga perubahan tehnik pengecatan. Perubahan besar lainnya adalah penerapan Ducati Safety Package (DSP) yang berisi ABS (antilock brake system) dan Ducati Traction Control.

Sampai dengan November 2010, keluarga Monster yang diproduksi adalah M659, M696, M796, dan M1100 Evo.
 


Monster M1100 Evo


Oktober 2011, Ducati merelease anggota baru keluarga Monster yaitu seri M795 yang berbasis ke M696 tetapi dengan kapasitas mesin lebih besar 803 cc. M795 terutama ditujukan untuk pasar Asia dan dirakit di Thailand.

November 2013, pada perhelatan EICMA atau lebih dikenal sebagai Milan Motor Show, Ducati memamerkan Monster M1200 dan M1200 S dengan sistem mesin baru water cooled four-valved 135 / 145 hp (horse power) 1198 Testastretta 11. Dua seri ini menggantikan Monster M1100 Evo.

 Monster M1200


Per januari 2014, keluarga Monster yang masih diproduksi adalah; M696. M796, M1200, dan M1200 S.
Pertengahan tahun 2014, M796 digantikan oleh M821 yang dilengkapi dengan mesin Testastretta 821 cc dan perlengkapan elektronik yang sama dengan M1200.

 Monster M821


Tahun 2016, keluarga Monster dilengkapi dengan kehadiran model baru Monster M1200 R yang di klaim sebagai Monster dengan tenaga terbesar dengan 160 hp (horse power) lebih besar 15 hp dari M1200 S. 

 Monster M1200 R

21 September 2008, sebuah acara gathering Ducati Monster di Hamme-Moerzeke Belgia, memecahkan rekor dunia Guinness Record sebagai “parade sepeda motor terbesar dengan merk dan tipe yang sama”. Acara ini melibatkan 405 unit Ducati Monster.

Sources :
www.ducati.com

1 comment:

  1. BolaVita Adalah Agen Sabung Ayam Dan Bola LIVE Judi Online Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia.

    Deposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Super Cepat dan Aman..

    sabung ayam online

    sajian link bolavita terbaru

    1. agenpialadunia2018-blog.logdown.com/posts/3906630-50-link-alternatif-terbaru-sbobet-2017-2018-di-bolavita

    -Bonus 10% untuk Member Baru
    -Bonus Referal 10%
    -Bonus CashBack Hingga 10%

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    Line : bolavita
    WA : +6281377055002
    BBM : D1A1E6DF | BOLAVITA

    ReplyDelete