Dalam
catatan sejarah, musim gugur tahun 1992 pada acara “Cologne Motor Show”
hadirlah sesosok prototype misterius sebuah motor dengan label pabrikan Ducati
yang bermarkas di Bologna Italia.
Ducati Monster M900 – prototype series
Tidak seperti
umumnya motor keluaran Ducati yang dominan Motorsport
atau Superbike, inilah sebuah
prototype Muscle Bike dengan nama “Ducati Monster 900 prototype series”. Muscle Bike adalah istilah yang
digunakan untuk menyebut spesies motor dengan titik berat utama desain adalah
pada “engine power”. 5 Maret 1993 Ducati memproduksi Ducati 900 prototype
series sebanyak 20 unit.
Ducati Monster
atau yang di Italia disebut juga Il Mostro pertama kali di desain oleh Miguel
Angel Galuzzi. Muscle Bike ini berjenis Naked Bike (jenis motor dengan karakter
menonjolkan mesin dan rangka / tanpa fairing).
Kekuatan khas
lain dari Ducati Monster adalah penggunaan “trellis frame” yaitu sistem rangka
yang menyatukan pergerakan kemudi diselaraskan dengan pergerakan swing arm /
lengan ayun melalui perantara rangka penguat pipa baja.
Galuzzi merancang
cikal bakal Ducati Monster jauh sebelum tahun 1992, tetapi dia membutuhkan
waktu lama untuk meyakinkan pihak Ducati dan Cagiva untuk menerima dan
memproduksi idenya. Pada akhirnya Ducati lah yang menerima proposalnya dengan
catatan dari Technical Director nya yaitu Massimo Bordi bahwa dia minta di
desainkan motor yang membawa nama besar Ducati tetapi mudah dikendarai, dan
bukan Motorsport. Sejak awal sebelum produksi sasaran utama Massimo Bordi dan Ducati
adalah menyasar pasar “cruiser” sebagai pengganti Ducati Indianna yang
diproduksi dari tahun 1986 s/d 1990 (produk Ducati setelah dibeli oleh Cagiva
pada tahun 1985 dengan tetap mempertahankan brand Ducati karena nama Ducati
dianggap lebih menjual diluar Italia). Selama 4 tahun, Ducati Indianna hanya
diproduksi sebanyak 2,138 unit.
Ducati
Indianna
Dari kegagalan Ducati Indianna inilah,
Bordi menginginkan Galuzzi mendesain Ducati Monster dengan prinsip “low cost”.
Itulah sebabnya, juga dengan tujuan ketersediaan cuku cadang di after-market
nya, maka Ducati Monster di desain dengan prinsip “mix and match” dari model –
model motor Ducati yang sudah eksis sebelumnya. Dimulai dengan mesin (90
derajat V-twin Ducati menyebutnya L-twin) dan rangka depan yang diambil dari
Ducati 900 Supersport, rangka belakang dari Ducati 851 Superbike dan suspensi
dari Ducati 750 Supersport – keseluruhan rangka “tubular steel trellis frame”.
Galuzzi menambahkan tanki bahan bakar “berotot” dan beberapa tambahan minimalis
di bodi yang memunculkan kesan kekar dan kuat. Dan lahirlah sebuah motor
cruiser berotot yang berkesan bodi kecil, berotot, dan mudah dikendarai.
Kesederhanaan dan
kepraktisan desain Ducati Monster secara luar biasa menjadi panutan pabrik –
pabrik motor lain dalam mendesain motor. Selain itu, desain Ducati Monster juga
mendominasi untuk dijadikan acuan semua ajang kompetisi Motor Custom di seluruh
dunia.
Era 1990 an
Masa – masa awal
ini, Ducati Monster mengenalkan 3 Monster generasi pertamanya, yaitu;
·
M900
: 1993.
·
M600
: 1994.
·
M750
: 1996.
Angka dibelakang
“M” menandakan kapasitas cc mesin.
Ducati Monster M600
Ducati Monster M750
Tahun 1999 untuk menghabiskan sisa
stok parts, Ducati Monster mengeluarkan Monster Limited Edition dengan
aksesoris yang berbeda dengan 3 Monster sebelumnya, dikenal dengan nama “The
Monster City” yang berwarna biru unik, tambahan Leather Briefcase Saddle Bag,
dan stang yang lebih tinggi.
Ducati Monster City 900 – limited edition
Sejak tahun 1994,
Ducati memproduksi Ducati Monster seri M400 dengan mesin “kecil” yang “hanya”
menghasilkan 42 hp (horse power) dan putaran mesin maksimal 10,500 rpm. Monster
“kecil” ini terutama ditujukan untuk pasar negara – negara yang mengenakan
pajak tinggi untuk motor bermesin besar. Pasar terbesar M400 adalah Italia,
Jepang, Singapura, Indonesia, Filipina, Taiwan, dan Thailand. M400 berbasis
pada M600 dengan basic engine component yang sama, tetapi stroke crankshaft
yang lebih pendek dan diameter piston yang lebih kecil.
Era Tahun 2000 an
Desain Monster
relatif tidak berubah sampai dengan tahun 2000 ketika Ducati memasukkan
tehnologi injection ke M900.
Tetapi perubahan
besar adalah tahun 2001 saat Ducati mengeluarkan seri S4. Perubahan seri S4
adalah pada penggunaan mesin superbike liquid cooled four valve, rem depan semi
floating Brembo dengan 4 piston, velg yang lebih ringan dari Brembo, dan garpu
depan Showa.
Tahun 2002 Ducati
mengeluarkan limited edition seri S4 Foggy (dinamakan sesuai nama rider juara
dunia superbike 4 X dari tim Ducati: Carl Fogarty).
Monster S4 Foggy
Tahun 2003 Ducati mengeluarkan seri
S4R dengan mesin 996 cc, muffler kembar di sisi kanan, single sided swing arm
(lengan ayun), dan peningkatan tenaga dan torsi menjadi lebih dari 113 hp
(horse power).
Ducati Monster S4R
November 2005, Ducati
mengeluarkan seri Monster S4RS Testastretta.
Generasi baru ini
menggunakan mesin 999 cc dari motor superbike Ducati dengan suspensi dari Ohlin
untuk depan dan belakang. Juga di tahun 2005 Ducati menambahkan ke dalam keluarga
Monster, seri Monster S2R Desmodue (two-valved Desmodromic engine), masih
menggunakan basic konsep four-valved yang sama dengan S4R tetapi dengan mesin
yang lebih simple two-valved 800 cc dan 1000 cc dengan nama resmi Monster S2R
800 dan S2R 1000.
Tahun 2006,
Ducati merelease Monster M620.
Monster M620
Tahun 2007, masih
dengan tidak banyak perubahan yang terjadi kecuali pada kapasitas cc mesin,
Ducati mengeluarkan Monster M 695.
Monster M695
Tahun 2007 bulan November, Ducati
mengumumkan produksi Monster 696 yang secara resmi diluncurkan pada April 2008
di Barcelona. Monster M696 dengan konfigurasi mesin V-twin nya mempunyai output
power tertinggi dari semua mesin air cooled Ducati.
Tahun 2009, Ducati berhasil menjual
12,000 unit M696 dan merupakan keberhasilan pertama kalinya penjualan lebih
dari 10,000 unit dalam 1 tahun.
Monster M696
September 2008, tahun yang sama dengan
kelahiran M696, Ducati mengeluarkan Monster M1100. M1100 berbasis kepada M696 dengan
kapasitas mesin terbesar dalam keluarga Monster yaitu 1078 cc, single sided
swing arm (lengan ayun), rem radial calipers, garpu depan lebih besar, dan
suspensi yang lebih tinggi. Penggunaan aluminium disc brake carrier mengurangi
bobot M1100 sebesar 1 kg.
Monster M1100
Era Tahun 2010 an
April 2010, Ducati mengeluarkan
Monster M796 yang mereka klaim mampu mengeluarkan 87 hp (horse power).
Ducati Monster M796
November 2010,
Ducati mengumumkan kehadiran Monster M110 Evo yang menggantikan seri M1100 dan
M1100s. Exhaust dipindah ke samping dan tidak lagi dibawah jok, dry clutch
diganti wet clutch, dan juga perubahan tehnik pengecatan. Perubahan besar
lainnya adalah penerapan Ducati Safety Package (DSP) yang berisi ABS (antilock
brake system) dan Ducati Traction Control.
Sampai
dengan November 2010, keluarga Monster yang diproduksi adalah M659, M696, M796,
dan M1100 Evo.
Monster M1100 Evo
Oktober 2011,
Ducati merelease anggota baru keluarga Monster yaitu seri M795 yang berbasis ke
M696 tetapi dengan kapasitas mesin lebih besar 803 cc. M795 terutama ditujukan
untuk pasar Asia dan dirakit di Thailand.
November 2013,
pada perhelatan EICMA atau lebih dikenal sebagai Milan Motor Show, Ducati
memamerkan Monster M1200 dan M1200 S dengan sistem mesin baru water cooled
four-valved 135 / 145 hp (horse power) 1198 Testastretta 11. Dua seri ini
menggantikan Monster M1100 Evo.
Monster M1200
Per januari 2014,
keluarga Monster yang masih diproduksi adalah; M696. M796, M1200, dan M1200 S.
Pertengahan tahun 2014, M796
digantikan oleh M821 yang dilengkapi dengan mesin Testastretta 821 cc dan
perlengkapan elektronik yang sama dengan M1200.
Monster M821
Tahun
2016, keluarga Monster dilengkapi dengan kehadiran model baru Monster M1200 R
yang di klaim sebagai Monster dengan tenaga terbesar dengan 160 hp (horse
power) lebih besar 15 hp dari M1200 S.
Monster M1200 R
21 September
2008, sebuah acara gathering Ducati Monster di Hamme-Moerzeke Belgia,
memecahkan rekor dunia Guinness Record sebagai “parade sepeda motor terbesar
dengan merk dan tipe yang sama”. Acara ini melibatkan 405 unit Ducati Monster.
Sources :
BolaVita Adalah Agen Sabung Ayam Dan Bola LIVE Judi Online Terpercaya Dan Terbaik Di Indonesia.
ReplyDeleteDeposit dan Withdraw (Tarik Dana) Yang Super Cepat dan Aman..
sabung ayam online
sajian link bolavita terbaru
1. agenpialadunia2018-blog.logdown.com/posts/3906630-50-link-alternatif-terbaru-sbobet-2017-2018-di-bolavita
-Bonus 10% untuk Member Baru
-Bonus Referal 10%
-Bonus CashBack Hingga 10%
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
Line : bolavita
WA : +6281377055002
BBM : D1A1E6DF | BOLAVITA