Nama posisi / jabatan dalam
Organization Chart atau Struktur Organisasi sebuah hotel, erat kaitannya
dengan;
- Tanggung jawab terhadap pekerjaan (ruang lingkup konsentrasi pekerjaan).
- Pertanggungan jawab terhadap atasan.
- Jumlah kompensasi yang diterima dari perusahaan (basic salary, guarantee service charge, service charge, dll) sesuai dengan level kepegawaiannya.
- Menentukan standar klasifikasi individu yang diperlukan untuk menempati posisi sesuai levelnya.
Contoh Organization Chart / Struktur
Organisasi Front Office Department:
Level kepegawaian baku / ideal sebuah
hotel adalah;
LEVEL KEPEGAWAIAN
|
NAMA POSISI / JABATAN
|
KETERANGAN
|
A
|
|
|
B
|
|
|
C
|
|
|
D
|
|
|
E
|
|
|
F
|
|
|
G
|
|
|
Level Kepegawaian di atas untuk Large
Scale Hotel, sedangkan untuk Middle Scale Hotel dan Small Scale Hotel akan
terjadi banyak pengurangan dan atau
penggabungan posisi. Misalnya;
- Executive Housekeeper / Housekeeping Manager dan Front Office Manager di tiadakan dan diganti Room Division Manager, sementara di option lainnya kedua posisi tersebut (EHK/HKM dan FOM) dibawah tanggung jawab Room Division Manager sebagai atasannya.
- Penambahan posisi Senior Staff atau Team Leader atau Shift Leader dengan level diantara F – G.
Middle Scale Hotel dan Small Scale
Hotel seringkali harus mengganti istilah nama posisi / jabatan, diantaranya dikarenakan
oleh;
- Budget.
Penghitungan Operation Cost yang lebih hati –
hati.
- Jumlah kamar.
Jumlah kamar dibawah 80 kamar sehingga ruang
lingkup kerja masing – masing department juga menjadi lebih sederhana meskipun
dengan tanggung jawab yang sama dengan Large Scale Hotel.
- Fasilitas hotel.
Budget Hotel, Small Boutique Hotel, Small
Luxury Hotel, dengan fasilitas yang lebih sedikit meskipun bisa juga fasilitas
tersebut lebih otentik dan spesifik.
- Kemampuan finansial.
Kemampuan finansial owner hotel yang
mengharuskan penghitungan ROI (return of investment) dalam waktu yang pendek.
- Segment pasar / konsumen.
Segment tamu yang lebih sedikit variasinya
dibandingkan Large Scale Hotel.
- Dll.
Bagi Hotelier yang baru akan memasuki
dunia kerja ataupun Hotelier yang baru pertama kali keluar dari International
Hotel Chain (group) biasanya sering kebingungan dengan istilah / nama posisi yang
“tidak sesuai pakem” di Middle Scale
Hotel dan Small Scale Hotel terutama Hotel Lokal / Perorangan (ownership /
kepemilikan dan management lokal). Bahkan seringkali karena ketidak tahuan
terhadap istilah – istilah posisi yang tidak baku ini, mereka “terjebak” dalam arti posisi yang
dilamar ternyata tidak sesuai gambaran atau harapan mereka.
Berikut nama posisi / jabatan
“jebakan” (sering menjebak karena tidak sesuai gambaran / harapan) yang umum
digunakan di Middle Scale Hotel dan Small Scale Hotel lokal:
- Hotel Manager.
General Manager untuk Small Scale Hotel dan
Budget Hotel dengan banyak perampingan struktur kepegawaian di bawahnya.
- Operation Manager.
General Manager dengan beberapa “pembatasan”
wewenang dan tanggung jawab dari pihak owner atau management. Biasanya ada 1
atau 2 department yang langsung dibawah tanggung jawab owner.
- Coordinator.
Biasanya untuk mengganti istilah manager
sebagai Head of Department / Department Head, dengan tanggung jawab yang sama
dengan manager, tetapi salary yang lebih kecil.
- Operation Supervisor.
Bertanggung jawab terhadap daily operation
semua department, bertanggung jawab kepada General Manager atau Hotel Manager, langsung
membawahi staff pelaksana semua department tanpa perantara Captain / Senior Staff.
- Room Division Supervisor.
Membawahi Front Office Department dan
Housekeeping Department tanpa bantuan Captain / Senior Staff.
- F & B Division Supervisor.
Membawahi F & B Service Department dan F
& B Product (Kitchen) Department tanpa bantuan Captain / Senior Staff /
Demi Chef.
- Chef de Partie sebagai kitchen leader.
Daily operation dan administrasi Kitchen / F
& B Product Department dibawah pimpinan Chef de Partie tanpa bantuan Demi
Chef ataupun Secretary (Administrator).
- Assistant Manager sebagai Head of Department / Department Head.
Nama posisi atau jabatan adalah Assistant
Manager dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Head of Department / Department
Head tetapi dengan salary yang lebih kecil. Biasanya dibantu Supervisor.
- Supervisor sebagai Head of Department / Department Head.
Nama posisi atau jabatan adalah Supervisor
dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Head of Department / Department Head
tetapi dengan salary yang lebih kecil. Umumnya tanpa bantuan Captain / Senior
Staff.
- Senior Supervisor.
Tugas dan tanggung jawab sebagai Assistant
Manager / Assistant Head of Department / Assistant Department Head dengan
salary dibawah Assistant Manager dan sedikit di atas Supervisor atau sama
dengan Supervisor. Dibantu Supervisor dengan level di bawahnya.
- Junior Supervisor.
Tugas dan tanggung jawab sebagai Supervisor dengan
salary dibawah Supervisor dan sedikit di atas atau sama dengan Captain / Senior
Staff. Dibantu Captain / Senior Staff.
- Front Desk Agent.
Multi job Front Office Staff sejak dari
Telephone Operator, Reservation, Reception, Chasier, Night Auditor, bahkan
Concierge.
- Guest Service Agent.
Multi job F & B Service Staff yang dalam
daily operation bisa ditempatkan di semua F & B Outlet baik Main Dining
Restaurant, Café, Coffee Shop, Bar, Lounge, maupun Room Service, dengan tugas
dan tanggung jawab sebagai seorang Greeter, Bartender/ss, Waiter/ss, Steward,
hingga Chasier.
- Bell Driver.
Multi job Front Office Staff dengan tugas dan
tanggung jawab sebagai seorang Driver, Doorman, dan sekaligus sebagai Concierge.
- Cook sebagai all round kitchen staff.
All round Kitchen Staff dengan tugas dan
tanggung jawab sebagai seorang Steward, Butcher, dan sekaligus Cook / Commis.
- Waiter/ss sebagai all round F & B staff.
Waiter/ss dengan tugas dan tanggung jawab sebagai
seorang Greeter, Bartender, Waiter/ss, Cashier, Steward, hingga sebagai staff F
& B Public Area.
Yak bagus departemen IT kaga ada,goooodddd
ReplyDeletesangat menarik untuk dibaca
ReplyDeleteberita internasional