Wednesday, August 30, 2017

POSISI / JABATAN KARYAWAN HOTEL "JEBAKAN" - SERING MENJEBAK KARENA TIDAK SESUAI GAMBARAN ATAU HARAPAN PELAMAR KERJA



Nama posisi / jabatan dalam Organization Chart atau Struktur Organisasi sebuah hotel, erat kaitannya dengan;

  • Tanggung jawab terhadap pekerjaan (ruang lingkup konsentrasi pekerjaan).

  • Pertanggungan jawab terhadap atasan.

  • Jumlah kompensasi yang diterima dari perusahaan (basic salary, guarantee service charge, service charge, dll) sesuai dengan level kepegawaiannya.

  • Menentukan standar klasifikasi individu yang diperlukan untuk menempati posisi sesuai levelnya.


Contoh Organization Chart / Struktur Organisasi Front Office Department:



Level kepegawaian baku / ideal sebuah hotel adalah;

LEVEL KEPEGAWAIAN



NAMA POSISI / JABATAN


KETERANGAN


A


  • GENERAL MANAGER




B

  • EXECUTIVE ASSISTANT MANAGER
  • FINANCE CONTROLLER


  • Level Finance Controller bisa berada di antara level A – B.












C

  • SALES & MARKETING MANAGER
  • EXECUTIVE CHEF
  • FRONT OFFICE MANAGER
  • EXECUTIVE HOUSEKEEPER / HK MANAGER
  • FOOD & BEVERAGE MANAGER
  • CHIEF ENGINEERING
  • ACCOUNTING MANAGER
  • HUMAN RESOURCES MANAGER
  • CHIEF SECURITY / SECURITY MANAGER
  • PURCHASING & STORING MANAGER


  • Level Head of Department / Department Head.
  • Level Sales & Marketing Manager dan Executive Chef bisa berada di antara level C – B.















D

  • ASSISTANT S & M MANAGER
  • SOUS CHEF
  • ASSISTANT FOM, DUTY MANAGER, NIGHT MANAGER
  • ASSISTANT EHK / HKM, LAUNDRY MANAGER
  • ASSISTANT FBM, OUTLET MANAGER, BANQUET OPERATION MANAGER
  • ASSISTANT CHIEF ENGINEERING.
  • ASSISTANT ACCOUNTING MANAGER
  • ASSISTANT HR MANAGER, TRAINING MANAGER
  • ASSISTANT CHIEF SECURITY




E

  • SUPERVISOR
  • CHEF DE PARTIE

  • Semua posisi Supervisor di masing – masing department.
  • Semua posisi Section Head / Section Leader.

F

  • BELL CAPTAIN
  • CAPTAIN WAITER/SS
  • DEMI CHEF
  • ROOM CHECKER


  • Posisi Senior Staff / Team Leader / Shift Leader.


G

  • RANKING FILE / STAFF

  • Semua posisi staff di masing – masing department.

Level Kepegawaian di atas untuk Large Scale Hotel, sedangkan untuk Middle Scale Hotel dan Small Scale Hotel akan terjadi banyak pengurangan dan atau penggabungan posisi. Misalnya;

  • Executive Housekeeper / Housekeeping Manager dan Front Office Manager di tiadakan dan diganti Room Division Manager, sementara di option lainnya kedua posisi tersebut (EHK/HKM dan FOM) dibawah tanggung jawab Room Division Manager sebagai atasannya.

  • Penambahan posisi Senior Staff atau Team Leader atau Shift Leader dengan level diantara F – G.


Middle Scale Hotel dan Small Scale Hotel seringkali harus mengganti istilah nama posisi / jabatan, diantaranya dikarenakan oleh;

  • Budget.

Penghitungan Operation Cost yang lebih hati – hati.

  • Jumlah kamar.

Jumlah kamar dibawah 80 kamar sehingga ruang lingkup kerja masing – masing department juga menjadi lebih sederhana meskipun dengan tanggung jawab yang sama dengan Large Scale Hotel.

  • Fasilitas hotel.

Budget Hotel, Small Boutique Hotel, Small Luxury Hotel, dengan fasilitas yang lebih sedikit meskipun bisa juga fasilitas tersebut lebih otentik dan spesifik.

  • Kemampuan finansial.

Kemampuan finansial owner hotel yang mengharuskan penghitungan ROI (return of investment) dalam waktu yang pendek.

  • Segment pasar / konsumen.

Segment tamu yang lebih sedikit variasinya dibandingkan Large Scale Hotel.

  • Dll.

Bagi Hotelier yang baru akan memasuki dunia kerja ataupun Hotelier yang baru pertama kali keluar dari International Hotel Chain (group) biasanya sering kebingungan dengan istilah / nama posisi yang “tidak sesuai pakem” di Middle Scale Hotel dan Small Scale Hotel terutama Hotel Lokal / Perorangan (ownership / kepemilikan dan management lokal). Bahkan seringkali karena ketidak tahuan terhadap istilah – istilah posisi yang tidak baku ini, mereka “terjebak” dalam arti posisi yang dilamar ternyata tidak sesuai gambaran atau harapan mereka. 

Berikut nama posisi / jabatan “jebakan” (sering menjebak karena tidak sesuai gambaran / harapan) yang umum digunakan di Middle Scale Hotel dan Small Scale Hotel lokal:

  • Hotel Manager.

General Manager untuk Small Scale Hotel dan Budget Hotel dengan banyak perampingan struktur kepegawaian di bawahnya.

  • Operation Manager.

General Manager dengan beberapa “pembatasan” wewenang dan tanggung jawab dari pihak owner atau management. Biasanya ada 1 atau 2 department yang langsung dibawah tanggung jawab owner.

  • Coordinator.

Biasanya untuk mengganti istilah manager sebagai Head of Department / Department Head, dengan tanggung jawab yang sama dengan manager, tetapi salary yang lebih kecil.

  • Operation Supervisor.

Bertanggung jawab terhadap daily operation semua department, bertanggung jawab kepada General Manager atau Hotel Manager, langsung membawahi staff pelaksana semua department tanpa perantara Captain / Senior Staff.  

  • Room Division Supervisor.

Membawahi Front Office Department dan Housekeeping Department tanpa bantuan Captain / Senior Staff.

  •  F & B Division Supervisor.

Membawahi F & B Service Department dan F & B Product (Kitchen) Department tanpa bantuan Captain / Senior Staff / Demi Chef.
  • Chef de Partie sebagai kitchen leader.
Daily operation dan administrasi Kitchen / F & B Product Department dibawah pimpinan Chef de Partie tanpa bantuan Demi Chef ataupun Secretary (Administrator).
  • Assistant Manager sebagai Head of Department / Department Head.
Nama posisi atau jabatan adalah Assistant Manager dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Head of Department / Department Head tetapi dengan salary yang lebih kecil. Biasanya dibantu Supervisor.
  • Supervisor sebagai Head of Department / Department Head.
Nama posisi atau jabatan adalah Supervisor dengan tugas dan tanggung jawab sebagai Head of Department / Department Head tetapi dengan salary yang lebih kecil. Umumnya tanpa bantuan Captain / Senior Staff.
  • Senior Supervisor.
Tugas dan tanggung jawab sebagai Assistant Manager / Assistant Head of Department / Assistant Department Head dengan salary dibawah Assistant Manager dan sedikit di atas Supervisor atau sama dengan Supervisor. Dibantu Supervisor dengan level di bawahnya.
  • Junior Supervisor.
Tugas dan tanggung jawab sebagai Supervisor dengan salary dibawah Supervisor dan sedikit di atas atau sama dengan Captain / Senior Staff. Dibantu Captain / Senior Staff.
  • Front Desk Agent.
Multi job Front Office Staff sejak dari Telephone Operator, Reservation, Reception, Chasier, Night Auditor, bahkan Concierge.
  • Guest Service Agent.
Multi job F & B Service Staff yang dalam daily operation bisa ditempatkan di semua F & B Outlet baik Main Dining Restaurant, Café, Coffee Shop, Bar, Lounge, maupun Room Service, dengan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Greeter, Bartender/ss, Waiter/ss, Steward, hingga Chasier.
  • Bell Driver.
Multi job Front Office Staff dengan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Driver, Doorman, dan sekaligus sebagai Concierge.
  • Cook sebagai all round kitchen staff.
All round Kitchen Staff dengan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Steward, Butcher, dan sekaligus Cook / Commis.
  • Waiter/ss sebagai all round F & B staff.
Waiter/ss dengan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang Greeter, Bartender, Waiter/ss, Cashier, Steward, hingga sebagai staff F & B Public Area.

2 comments: