Sunday, July 30, 2017

SOP (STANDARD OPERATION PROCEDURE) LUGGAGE ROOM



Contoh SOP Luggage Room, dengan kondisi;

  • Hotel bintang 2 dengan 55 rooms.
  • 4 orang All Round Front Desk Agent Staff dengan 1 orang leader.

STANDARD OPERATION PROCEDURE

Nama pekerjaan              : Luggage Room Handling / Pengelolaan Ruang Penyimpanan Barang Bawaan Tamu.
Pelaksana                          

  • Bell Driver. 
  • Reception / Front Desk Agent.             
Penanggung jawab         : Front Office Manager / Front Office Leader.
 
1.       Bell Driver bersama Reception bertanggung jawab terhadap penanganan barang bawaan tamu yang tersimpan di Luggage Room.
2.       Luggage Room Flow Chart / Alur Kerja Luggage Room ;
2.1. Barang diterima dari tamu oleh Bell Driver / Reception / Staff Department lain (titipan dari tamu).
2.2. Bell Driver harus berusaha sedapat mungkin di depan tamu memastikan bahwa barang tamu tersebut (Tas, Kopor, Bungkusan, Box, dll) dalam kondisi tertutup dengan baik.
2.3. Barang dimasukkan dan disimpan dengan baik di Luggage Room oleh Bell Driver.
2.4. Bell Driver mengisi “Luggage Tag”.
2.5. Bell Driver menyerahkan lembar Luggage Tag tamu kepada tamu sebagai bukti penitipan dan pengambilan nantinya.
2.6. Bell Driver mengikatkan lembar Luggage Tag bertali di barang tamu tersebut.
3.       Rincian isi Luggage Tag ;
3.1. Nomor seri Luggage Tag (tercetak).
3.2. Nomor kamar.
3.3. Nama tamu.
3.4. Peringatan tentang ketentuan penyimpanan (tercetak kecil hanya di balik lembar untuk tamu).
4.       Rincian isi peringatan tentang ketentuan penyimpanan ;
4.1. Hotel tidak menerima penitipan barang yang termasuk kategori bahan berbahaya, bahan beracun, bahan peledak, narkotika, dan bahan – bahan lain yang dilarang oleh Undang – Undang Negara Republik Indonesia.
4.2. Hotel tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan kehilangan barang – barang yang dititipkan di Luggage Room.
4.3. Waktu maksimal penitipan di Luggage Room adalah 3 X 24 jam sejak tamu check out (kecuali special request dari tamu Repeater dan atau tamu Long Stay, dengan ijin dari Front Office Manager / Front Office Leader).
4.4. Logo, alamat, dan nomor telepon Hotel.   
5.       Barang yang sudah melebihi batas waktu maksimal penyimpanan, selanjutnya akan dimasukkan kategori Lost & Found Item sehingga penanganan selanjutnya di bawah tanggung jawab Housekeeping Department.
6.       Bell Driver wajib mencatat dalam Luggage Room Log Book tentang semua barang yang tersimpan di Luggage Room.
7.       Isi Luggage Room Log Book ;
No
Tag No
Date In
FO Staff
Date Out
FO Staff
Check By
Remark









********************************Yustianto.AW*******************************

No comments:

Post a Comment