Contoh SOP Luggage Room, dengan kondisi;
- Hotel bintang 2 dengan 55 rooms.
- 4 orang All Round Front Desk Agent Staff dengan 1 orang leader.
STANDARD OPERATION PROCEDURE
Nama pekerjaan : Luggage Room Handling / Pengelolaan
Ruang Penyimpanan Barang Bawaan Tamu.
Pelaksana :
- Bell Driver.
- Reception / Front Desk Agent.
Penanggung jawab : Front Office Manager / Front Office
Leader.
1.
Bell Driver bersama Reception bertanggung jawab
terhadap penanganan barang bawaan tamu yang tersimpan di Luggage Room.
2.
Luggage Room Flow Chart / Alur Kerja Luggage
Room ;
2.1. Barang
diterima dari tamu oleh Bell Driver / Reception / Staff Department lain
(titipan dari tamu).
2.2. Bell
Driver harus berusaha sedapat mungkin di
depan tamu memastikan bahwa barang tamu tersebut (Tas, Kopor, Bungkusan,
Box, dll) dalam kondisi tertutup dengan baik.
2.3. Barang
dimasukkan dan disimpan dengan baik di Luggage Room oleh Bell Driver.
2.4. Bell
Driver mengisi “Luggage Tag”.
2.5. Bell
Driver menyerahkan lembar Luggage Tag tamu kepada tamu sebagai bukti penitipan
dan pengambilan nantinya.
2.6. Bell
Driver mengikatkan lembar Luggage Tag bertali di barang tamu tersebut.
3.
Rincian isi Luggage Tag ;
3.1. Nomor
seri Luggage Tag (tercetak).
3.2. Nomor
kamar.
3.3. Nama
tamu.
3.4. Peringatan
tentang ketentuan penyimpanan (tercetak kecil hanya di balik lembar untuk
tamu).
4.
Rincian isi peringatan tentang ketentuan
penyimpanan ;
4.1. Hotel tidak menerima penitipan barang yang termasuk kategori bahan
berbahaya, bahan beracun, bahan peledak, narkotika, dan bahan – bahan lain yang
dilarang oleh Undang – Undang Negara Republik Indonesia.
4.2. Hotel tidak bertanggung jawab atas kerusakan dan kehilangan barang –
barang yang dititipkan di Luggage Room.
4.3. Waktu
maksimal penitipan di Luggage Room adalah 3 X 24 jam sejak tamu check out (kecuali special request dari tamu Repeater dan atau tamu Long Stay, dengan ijin dari Front Office Manager / Front Office Leader).
4.4. Logo,
alamat, dan nomor telepon Hotel.
5.
Barang yang sudah melebihi batas waktu maksimal
penyimpanan, selanjutnya akan dimasukkan kategori Lost & Found Item
sehingga penanganan selanjutnya di bawah tanggung jawab Housekeeping
Department.
6.
Bell Driver wajib mencatat dalam Luggage Room
Log Book tentang semua barang yang tersimpan di Luggage Room.
7.
Isi Luggage Room Log Book ;
No
|
Tag
No
|
Date
In
|
FO
Staff
|
Date
Out
|
FO
Staff
|
Check
By
|
Remark
|
|
|
|
|
|
|
|
|
********************************Yustianto.AW*******************************
No comments:
Post a Comment