Sunday, July 30, 2017

SOP (STANDARD OPERATION PROCEDURE) GUEST PICK UP AND DELIVERY



SOP Guest Pick Up dan Delivery, dengan kondisi;

  • Hotel bintang 2 dengan 55 kamar.
  • Lokasi hotel di kota Semarang Jawa Tengah.
  • Hanya tersedia 1 orang Bell Driver.
  • Hanya tersedia 1 unit kendaraan (mobil).




STANDARD OPERATION PROCEDURE


Nama pekerjaan             : Guest Pick Up & Delivery / Mengantarkan dan Menjemput Tamu.
Pelaksana                        : Bell Driver.
Penanggung jawab         : Front Office Manager / Front Office Leader.


1.       Bell Driver terutama bertanggung jawab terhadap pengantaran dan penjemputan tamu dari dan ke Hotel.
2.       Bell Driver bertanggung jawab merawat dan membersihkan armada Hotel (mobil).
3.       Mobil operasional armada Hotel adalah fasilitas PENGANTARAN dan PENJEMPUTAN / Drop Off dan Pick Up (bukan sewa / pinjam / carter).
4.       Untuk kepentingan promo maka penjemputan tamu dari Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Kereta Api (Tawang dan Poncol) gratis (bandara dan stasiun kereta api selanjutnya sebagai Free Zone).
5.       Semua pelayanan pengantaran akan dikenakan tarif.
6.       Semua pelayanan penjemputan selain dari Bandara Ahmad Yani dan Stasiun Kereta Api akan dikenakan tarif. 
7.       Pengantaran dan penjemputan tamu berdasarkan ketentuan dari management dan ketersediaan armada (reservasi).
8.       Pengantaran dan penjemputan staff Hotel atas keperluan kerja harus seijin Operation Manager.
9.       Tarif pengantaran / Drop Off dan penjemputan / Pick Up diluar free zone / area gratis ;
TUJUAN
TARIF
Bandara Ahmad Yani
Rp 85.000
Stasiun KA (Tawang atau Poncol)
Rp 50.000
Terminal Terboyo
Rp 75.000
Terminal Mangkang
Rp 75.000
Simpang Lima
Rp 40.000
# Tarif berlaku untuk 1 X jalan.
10.   Bell Driver bekerja melaksanakan pelayanan pengantaran dan penjemputan berdasarkan  Pick Up & Delivery Schedule.
11.   Guest Pick Up & Delivery Flow Chart ;
11.1.          Reservasi / pesanan layanan pengantaran dan penjemputan diterima oleh Front Desk Agent / Bell Driver / Front Office Leader.
11.2.          Reservasi / pesanan layanan pengantaran dan penjemputan dicatat dalam Pick Up & Delivery Schedule (bisa dalam bentuk board atau Log Book).
11.3.          Reservasi diterima dengan catatan tamu harus menunggu konfirmasi dari Front Office tentang kepastian pelayanan.
11.4.          Setelah mengecek jadwal kerja Bell Driver,  jadwal Pick Up & Delivery, dan (bila perlu) meminta persetujuan Front Office Manager / Front Office Leader, Front Desk Agent harus segera menghubungi tamu untuk memberikan kepastian.
11.5.          Dalam pelayanan pengantaran, Bell Driver / Front Desk Agent menghubungi tamu maksimal 15 menit sebelum keberangkatan dan memberitahu bahwa mobil sudah siap serta menawarkan bantuan packing ataupun pengambilan barang – barang bawaan tamu.
11.6.          Dalam pelayanan penjemputan, pada saat konfirmasi Front Desk Agent harus menanyakan kepada tamu tentang detail transportasi mereka (nomor penerbangan, nama kereta api, jam kedatangan, nama stasiun tujuan).

****************************Yustianto.AW***************************

No comments:

Post a Comment