SOP Guest Pick Up dan Delivery, dengan kondisi;
- Hotel bintang 2 dengan 55 kamar.
- Lokasi hotel di kota Semarang Jawa Tengah.
- Hanya tersedia 1 orang Bell Driver.
- Hanya tersedia 1 unit kendaraan (mobil).
STANDARD OPERATION PROCEDURE
Nama pekerjaan : Guest Pick Up & Delivery /
Mengantarkan dan Menjemput Tamu.
Pelaksana : Bell Driver.
Penanggung jawab : Front Office Manager / Front Office
Leader.
1.
Bell Driver terutama bertanggung jawab terhadap pengantaran
dan penjemputan tamu dari dan ke Hotel.
2.
Bell Driver bertanggung jawab merawat dan
membersihkan armada Hotel (mobil).
3.
Mobil operasional armada Hotel adalah fasilitas PENGANTARAN dan PENJEMPUTAN / Drop Off dan Pick Up (bukan sewa
/ pinjam / carter).
4.
Untuk kepentingan promo maka penjemputan tamu dari Bandara Ahmad
Yani dan Stasiun Kereta Api (Tawang dan Poncol) gratis (bandara dan stasiun kereta api selanjutnya sebagai Free Zone).
5.
Semua pelayanan pengantaran akan dikenakan tarif.
6.
Semua pelayanan penjemputan selain dari Bandara
Ahmad Yani dan Stasiun Kereta Api akan dikenakan
tarif.
7.
Pengantaran dan penjemputan tamu berdasarkan
ketentuan dari management dan ketersediaan armada (reservasi).
8.
Pengantaran dan penjemputan staff Hotel atas keperluan kerja harus seijin Operation Manager.
9.
Tarif pengantaran / Drop Off dan penjemputan /
Pick Up diluar free zone / area gratis ;
TUJUAN
|
TARIF
|
Bandara Ahmad Yani
|
Rp 85.000
|
Stasiun KA (Tawang atau Poncol)
|
Rp 50.000
|
Terminal Terboyo
|
Rp 75.000
|
Terminal Mangkang
|
Rp 75.000
|
Simpang Lima
|
Rp 40.000
|
# Tarif berlaku untuk 1 X jalan.
10.
Bell Driver bekerja melaksanakan pelayanan
pengantaran dan penjemputan berdasarkan
Pick Up & Delivery Schedule.
11.
Guest Pick Up & Delivery Flow Chart ;
11.1.
Reservasi / pesanan layanan pengantaran dan
penjemputan diterima oleh Front Desk Agent / Bell Driver / Front Office Leader.
11.2.
Reservasi / pesanan layanan pengantaran dan
penjemputan dicatat dalam Pick Up & Delivery Schedule (bisa dalam bentuk
board atau Log Book).
11.3.
Reservasi diterima dengan catatan tamu harus
menunggu konfirmasi dari Front Office tentang kepastian pelayanan.
11.4.
Setelah mengecek jadwal kerja Bell Driver, jadwal Pick Up & Delivery, dan (bila
perlu) meminta persetujuan Front Office Manager / Front Office Leader, Front
Desk Agent harus segera menghubungi tamu untuk memberikan kepastian.
11.5.
Dalam pelayanan pengantaran, Bell Driver / Front Desk Agent menghubungi tamu
maksimal 15 menit sebelum keberangkatan dan memberitahu bahwa mobil sudah siap
serta menawarkan bantuan packing ataupun pengambilan barang – barang bawaan
tamu.
11.6.
Dalam pelayanan penjemputan, pada saat konfirmasi Front Desk Agent harus menanyakan
kepada tamu tentang detail transportasi mereka (nomor penerbangan, nama kereta
api, jam kedatangan, nama stasiun tujuan).
****************************Yustianto.AW***************************
No comments:
Post a Comment