SOP Welcoming The Guest oleh Bell Driver, dengan kondisi;
- Hotel bintang 2 dengan 55 rooms.
- Terdapat 2 entrance (pintu akses) ke Lobby Hotel.
- Hanya tersedia 1 orang Bell Driver staff dengan 1 shift kerja (hanya Morning Shift), kecuali untuk handle special event / group check in perubahan Shift dengan perintah resmi.
- Di dalam kamar tidak tersedia air mineral untuk tamu, tetapi tersedia Water Jug (di dalam kamar) dan Water Dispenser di Corridor.
STANDARD OPERATION PROCEDURE
Nama pekerjaan : Welcoming the Guest / Menyambut
Tamu.
Pelaksana : Bell Driver.
Penanggung jawab : Front Office Manager / Front Office
Leader.
1.
Bell Driver harus selalu Stand By di pintu Lobby saat tidak mengerjakan pekerjaan lain
diluar Front Office area.
2.
Dikarenakan ada dua pintu Lobby, maka posisi
Stand By Bell Driver berada di sisi dalam Lobby (sisi kanan luar Front Desk
menghadap ke arah Lobby).
3.
Bell Driver wajib membukakan pintu Lobby untuk
siapapun yang melewati pintu Lobby terutama untuk tamu.
4.
Dengan ramah dan penuh senyum, Bell Driver wajib
menyapa tamu dan berusaha “call by the
name” selalu mengingat nama tamu dan menyebutkannya dalam sapaan kepada
tamu.
5.
Apabila ada tamu pasangan, maka prioritas Bell
Driver adalah menyapa,menyebutkan nama tamu, dan membukakan pintu Lobby untuk
tamu wanita lebih dahulu.
6.
Pandangan Bell Driver harus fokus di kedua pintu
Lobby dengan prioritas ;
6.1. Tamu
wanita.
6.2. Tamu
lansia.
6.3. Tamu
anak-anak.
6.4. Tamu
dengan barang bawaan yang lebih banyak.
7.
Saat tamu datang dengan mobil pribadi ataupun
taksi dan berhenti di depan Lobby, maka Bell Driver harus segera mendekat ke
mobil dan membukakan pintu mobil di posisi pintu penumpang sebelah kiri atau
pintu depan sebelah kiri, tergantung tempat duduk mana yang terisi penumpang wanita yang berumur lebih tua.
8.
Bell Driver harus membuka kedua daun pintu Lobby
saat menyambut tamu di mobil atau taksi (tergantung pintu mana yang akan
dilalui tamu, pintu utama Lobby atau pintu samping Lobby).
9.
Bell Driver membukakan pintu mobil dengan ramah,
penuh senyum, dan kata sambutan.
Contoh (tamu repeater): “selamat pagi ibu
eliyana, selamat datang kembali di Hotel Quirin”.
Contoh (tamu walk in) : “selamat sore ibu, selamat datang di Hotel
Quirin”.
10.
Setelah tamu keluar dari mobil, segera menutup
pintu mobil dengan pelan.
11.
Apabila tamu membawa barang bawaan, maka Bell
Driver harus meminta ijin untuk membantu membawakannya.
12.
Letakkan barang bawaan tamu dengan rapi di dekat posisi berdiri / duduk tamu. (berdiri di Front
Desk atau duduk di sofa Lobby).
13.
Menutup kembali pintu Lobby.
14.
Apabila tamu berkepentingan dengan Reception,
maka Bell Driver Stand BY di posisi sisi dalam pintu samping Lobby dengan fokus
pandangan dan perhatian ke pintu utama Lobby, pintu samping Lobby dan Reception
apabila sewaktu-waktu Reception membutuhkan bantuan untuk mengantar tamu ke
kamar atau ke Office (tamu management).
15.
Prosedur mengantarkan tamu Check In ke kamar;
15.1.
Menerima panggilan dari Front Desk Agent dan
menerima kunci kamar.
15.2.
Meminta ijin kepada tamu untuk membawakan barang
– barang tamu.
15.3.
Bell Driver berjalan di depan, membukakan setiap
pintu yang dilewati dan mempersilahkan tamu untuk mengikuti dibelakang.
15.4.
Bell Driver membuka pintu Lift, menahan Lift dan
mempersilahkan tamu untuk masuk duluan, memasukkan barang – barang bawaan tamu,
Bell Driver masuk dan berdiri di dekat dan menghadap pintu Lift.
15.5.
Bell Driver keluar dari Lift membawa barang –
barang tamu, menahan pintu Lift dari luar dan mempersilahkan tamu untuk keluar
Lift.
15.6.
Mengetuk pintu kamar 3 X sambil menyebutkan
identitas (“Bell Driver”), membuka pintu kamar, memasukkan gantungan kunci di
Power Socket.
15.7.
Mempersilahkan tamu untuk masuk ke kamar dan
meletakkan barang – barang tamu di atas Luggage Rack dengan rapi dan hati –
hati.
15.8.
Menjelaskan fasilitas hotel dan nomor telepon
extension yang bisa dihubungi oleh tamu (nomor 0), sambil mengecek kelengkapan
kamar.
15.9.
Menanyakan kepada tamu air minum panas atau
dingin yang diinginkan di water jug / kettle jug.
15.10.
Mengisi dan membawakan air minum yang diinginkan
oleh tamu dari dispenser ke kamar.
15.11.
Mengucapkan selamat beristirahat dan permisi
kepada tamu.
16.
Prosedur Welcoming the Guest / Menyambut Tamu
ini dibantu dan atau digantikan oleh Room Boy pada saat Bell Driver membutuhkan
bantuan atau berhalangan (libur, selesai shift atau tugas luar).
*****************************Yustianto.AW*****************************************
No comments:
Post a Comment